Selasa, 29 Desember 2009

bakmi special


pagi ini diminta husband buat bikin bakmi,ya udah aku bikinin sekalian dari kemarin dia udah request bakpao isi daging so rencananya tuh bumbu bakmi mo dipake buat isian bakpao juga... hehehe seneng liat husband makannya lahap...

mau resepnya?? dicatet yah tapi karena buat makan sendiri bumbu n takaran bahannya kira2 hihihi :




BAKMI SPECIAL DAGING CINCANG ala DHEWIE

-bakmi basah

bahan isian:
- 250gr daging ayam cincang(lebih enak pake daging paha ayam)
- 100gr cai po manis (optional,klo gak pake juga gpp)
- 1 bh bawang bombay ukuran sedang,cincang kasar
- 5 bh bawang merah,iris tipis
- 4 siung bawang putih,cincang halus
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdm saus tiram
- garam secukupnya
- merica secukupnya
- penyedap sesuai selera(kalo saya gak pake,diganti gula pasir)
- minyak sayur secukupnya
- 100ml air

bahan minyak ayam bawang:
- 5 sdm minyak sayur
- 50gr minyak/lemak ayam
- 4 siung bawang putih,cincang halus

Pelengkap:
- 1 btg daun bawang,iris tipis
- kecap asin
- merica
- sawi rebus sebentar
- kaldu ayam untuk kuah


CARA MEMBUAT:
*Bahan isian:
- panaskan minyak,tumis bawang bombay,bawang merah,dan bawang putih sampai harum.
- masukkan daging cincang,aduk sampai berubah warna dan cairan daging keluar,tambahkan cai po.
- tambahkan kecap manis,kecap asin,saus tiram,penyedap,aduk rata.
-tambahkan garam,dan merica,aduk sampai meresap.
-masukkan air,kecilkan api masak sampai air agak kering supaya bumbu meresap.
- angkat,sisihkan
* Minyak ayam bawang:
-panaskan minyak,masukkan minyak/lemak ayam,kecilkan api,tumis sampai minyak agak kering.
- masukkan bawang putih,tumis sampai agak kekuningan,angkat.

Cara menyajikan:

- masak air untuk merebus bakmi.
- siapkan mangkok,beri sedikit minyak ayam bawang,kecap asin dan merica.
- rebus bakmi sampai mengapung,angkat.
- taruh bakmi di mangkok yg sudah diberi bumbu,aduk rata.
- taruh daging cincang diatas bakmi,daun bawang dan sawi rebus
- siapkan mangkok kecil untuk kuah terpisah,beri sedikit kecap asin dan merica,taburkan daun bawang.
- sajikan.


ps:klo mau n suka di tumisan ayam bisa ditambah ebi yg udah diseduh n dicincang lalu ditumis sebelum ayam dimasukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

D's Home Cakery Pimped by LINGism