Sabtu, 21 Mei 2011

Tips memilih ayam

Lagi searching2 nyari tips gimana cara memilih ayam kampung yang empuk, eh mata tertambat ke tips yang satu ini... lumayan sekalian dapat
tips buat bikin ayam bakar, yummm...

Kiat Sukses Membuat Ayam Bakar




tip-ayam-bakar-1Memilih ayam yang tepat
Ayam kampung dan ayam potong/broiler, sama-sama bisa dipakai untuk membuat hidangan ayam bakar. Gunakan ayam sesuai dengan resep yang disarankan supaya menghasilkan kelezatan yang maksimal. Pilihlah ayam yang muda, cirinya yaitu tulang sayapnya masih lentur bila dilipat ke arah yang berlawanan. Ayam seperti ini dagingnya empuk dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak.

tip-ayam-bakar-2Perhatikan potongan ayam
Ayam yang sering dipakai untuk ayam bakar biasanya berukuran kecil, karena usianya yang masih muda. Ayam seperti ini sangat ideal bila dipotong dalam empat bagian, yaitu dua potong dada dan dua potong paha. Namun, bila ayam yang dipakai ternyata gemuk dan berkukuran besar, ayam bisa dipotong dalam beberapa bagian seperti 8 atau 12 potong.

tip-ayam-bakar-3Ungkep dengan takaran bumbu yang pas
Umumnya resep ayam bakar mengharuskan kita mengungkep ayamnya bersama bumbu yang dihaluskan terlebih dahulu. Ini adalah cara supaya bumbu bisa meresap ke dalam daging ayam dengan sempurna. Cara yang tepat adalah melumuri ayam dengan bumbu kemudian dimasak dalam keadaan tertutup dengan api kecil. Saat dimasak, ayam akan berair kemudian matang bersama dengan bumbu.

tip-ayam-bakar-4Bakar/panggang dengan temperatur yang tepat
Kita bisa memanggang ayam dengan beberapa cara, misalnya di atas bara, menggunakan oven, atau memakai pemanggang praktis yang diletakkan di atas api kompor. Bila memakai bara, kipas bara agar tidak menjadi kobaran api. Memanggang ayam dengan menggunakan oven akan menghasilkan kematangan yang merata. Supaya lebih maksimal, ayam bisa dibungkus dengan aluminium foil terlebih dahulu.

Memanggang dengan menggunakan alat bantu yang diletakkan di atas kompor, juga sangat memudahkan pekerjaan. Perhatikan baik-baik besarnya api. Api yang terlalu besar bisa membuat ayam menjadi cepat hangus. Sebaliknya, api yang terlalu kecil akan mengakibatkan daging ayam menjadi mudah hancur.

tip-ayam-bakar-5Menambah aroma ayam bakar
Ayam yang telah diungkep sampai matang bersama bumbu biasanya sudah siap untuk dibakar. Ada beberapa cara untuk menambah aromanya, yaitu:
1. Lumuri ayam yang sedang dibakar dengan sisa bumbu ungkepnya. Sisa bumbu ungkep ayam mengandung lemak yang bisa menguarkan aroma ayam bakar yang sedap.
tip-ayam-bakar-62. Perciki ayam yang sedang dibakar dengan air jeruk nipis atau jeruk limo. Asam yang terkandung dalam air jeruk akan membuat rasa ayam bertambah enak, warnanya menjadi kemerahan dan kulitnya menjadi lebih kering.
3. Bungkus ayam yang akan dibakar dengan daun pisang. Aroma khas daun pisang akan menambah aroma harum pada ayam bakar.

Tips ini dikutip dari buku "Aneka Ayam Bakar Populer Khas Indonesia". DEMEDIA, 2010.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

D's Home Cakery Pimped by LINGism